Semeru

 

Gunung Semeru atau Gunung Meru adalah sebuah sebuah gunung berapi kerucut di Jawa Timu, Indonesia. Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa, dengan puncaknya Mahameru, 3.676 meter diatas permukaan laut (mdpl). Gunung Semeru juga merupakan gunung berapi tertinggi tertinggi ketiga di Indonesia setelah Gunung Kerinci di Sumatra, dan Gunung Rinjani di Nusa Tenggara Barat. Kawah di puncak Gunung Semeru di kenal dengan nama Joggring Saloko. Gunung Semeru secara administratif termasuk dalam dua kabupaten, yakni Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur. Gunung ini termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. 

Selain di kenal sebagai gunung teringgi di Pualau Jawa, Semeru juga di kenal dengan keindahannya yang memesona. berikut adalah potret keindahan Gunung Semeru yang bisa membuat takjub. 

1. Ranu Pani 


Ranu Pani adalah salah satu titik berangkat untuk pendaki yang akan melakukan pendakian ke Gunung Semeru. Desa Ranu Pani adalah desa terakhir sebelum Gunung Semeru. Desa ini di huni oleh warga Suku Tengger dan berada di ketinggian 2.100 mdpl. 

2. Ranu Kumbolo 

Ranu Kumbolo adalah sebuah danau yang terletak di dalam Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur, Indonesia.  Danau ini merupakan bagian dari rute termudah yang berasal dari Ranu Pani menuju Puncak Gunung Semeru. Terdapat area perkemahan untuk para pendaki di sekitar danau ini. 

3. Tanjakan Cinta 

Tanjakan Cinta merupakan jalan setapak menuju bukit, dengan kemiringan sekitar 45 derajat. Letaknya tepat setelah Ranu Kumbolo menuju Oro Oro Ombo. 
Mitos yang beredar, pendaki yang memikirkan pasangannya dan berhasil melewati Tanjakan Cinta tanpa menoleh ke belakang akan berjodoh dan cintanya akan abadi. sebaliknya, kalau di tengah jalan dia menoleh ke belakang hubungan percintaan nya konon akan putus.

4. Oro Oro Ombo 

Oro Oro Ombo adalah padang savana di Gunung Semeru setelah Tanjakan Cinta dan Ranu Kumbolo. indahnya padang rumput disana memang terlalu indah jika di lewatkan begitu saja.

Oro Oro Ombo memiliki 2 wajah yang akan berubah meneyesuaikan musim. Saat musim hujan, padang rumput ini akan di penuhi dengan warna ungu Bunga Lavender, sedangkan pada musim kemarau tempat ini akan berubah menjadi kering karena Bunga Bunga Lavender yang ada di sana akan mengering. Kedua wajah Oro Oro Ombo ini sama sama menarik dan cantik.

5. Kalimati 

Kalimati merupakan pos terakhir bagi pendaki sebelum mendaki ke Puncak Mahameru. Biasanya pendaki akan mendirikan tenda dan bermalam di Kalimati sebelum melakukan summit attack. di Kalimati kita akan disuguhi pemandangan cantik Bunga Edelweis. di Pos Kalimati ini kita bisa menjadi saksi gagahnya Puncak Mahameru. Pos ini terletak di bawah Puncak Mahameru sehingga kita bisa melihat pemandangan  Puncak Mahameru yang legendari itu.

5. Puncak Mahameru 

Puncak Gunung Semeru disebut dengan Puncak Mahameru. Inilah tanah tertinggi di Pulau Jawa. Tingginya mencapai 3.676 mdpl. Puncak Mahameru berupa tanah berpasir serta berbatu.Berangkat dari Kalimati ke Puncak Mahameru bisa memakan waktu empat hingga enam jam. Jalurnya berpasir dan curam, sehingga pendaki harus sangat berhati-hati. Di titik inilah stamina dan fokus pendaki diperlukan agar tidak terperosok ke bawah.

Setelah menempuh perjalanan yang menantang, kerja keras pendaki akan terbayar dengan indahnya pemandangan yang pendaki dapatkan di Puncak Mahameru. Jika cuaca mendukung, pnedaki bisa menikmati indahnya matahari terbit.

Selain itu juga bisa melihat pemandangan Gunung Bromo, Gunung Raung dan Kawah Jonggring Saloka. Namun jangan terlena akan keindahakn tersebut, karena pukul sembilan pagi pendaki disarankan untuk turun, untuk menghindari semburan gas beracun.

Komentar